Aku, Beasiswa dan Tunas Indonesia Jepang


Di zaman sekarang, ada beragam jenis beasiswa yang siap membantu guna peningkatkan kualitas pendidikan. Bagi saya sendiri, manfaat beasiswa tak hanya sampai disitu saja. Selain membantu dalam hal mengakses pendidikan, beasiswa juga memberikan saya kesempatan untuk melihat dunia dalam sudut pandang yang lebih luas lagi.

Ketika masih duduk di bangku SMA, saya memiliki impian untuk berkuliah ke China. Pada saat itu, alasan dibalik mimpi saya tersebut sangatlah sederhana. Yakni saya ingin secara langsung melihat teknologi unik yang ada di sana.

Tumbuh di tengah keadaan ekonomi keluarga yang kiranya hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, rasanya begitu mustahil untuk mewujudkan cita-cita tersebut kala itu. Tetapi, saya sadar betul, jika berdiam diri saja, keadaan tak akan pernah berubah. Jadi, saya pun memulai langkah pertama saya,mencari berbagai informasi beasiswa di bebagai website, social media, maupun menggali informasi dari sekolah. 
Dalam prosesnya memang tidak mudah, tetapi saya tetap bergerak maju. Puji syukur saya panjatkan kepada Tuhan karena beliau telah membukakan jalan. Salah satunya dengan mempertemukan saya dengan Beasiswa TIJ di tahun 2018.

Sebelumnya saya ingin mengucapkan terima kasih kepada TIJ karena telah memilih saya menjadi salah satu penerima beasiswa pada saat itu. Beasiswa yang diberikan dari TIJ pun saya gunakan dengan sebaik mungkin. Yakni sebagai salah satu dana pendukung dalam pemberkasan beasiswa untuk berkuliah ke China.

Kini, saya sudah berkuliah di China lewat beasiswa yang saya impikan yaitu CGS (Chinese Government Scholarship). Tidak henti-hentinya saya panjatkan Puji Syukur kepada Tuhan karena dengan beasiswa ini saya bisa berkuliah secara mandiri sepenuhnya tanpa membebani orang tua. Hal tersebut dikarenakan beasiswa ini mengkover seluruh biaya yang diperlukan.

Kesempatan tersebut tentunya saya manfaatkan sebaik-baiknya. Hal tersebut saya interpretasikan dalam bentuk kegiatan-kegiatan yang kerap saya ikuti di luar tugas utama yakni berkuliah. Diantaranya menjadi relawan, mengikuti berbagai lomba seperti essay, puisi, maupun lomba lainnya, baik yang diselenggarakan oleh pihak dalam maupun luar kampus, festival budaya, dan masih banyak lagi.

Nama             : Gede Ananda
Asal               : Bali
Universitas     : Southwest University, Chongqing
                       (西南大学,重庆)
Jurusan         : Chinese Language and Literature
                       (汉语言文学)

Penerima Beasiswa TIJ tahun 2018






0 Comments