LEBIH DARI 2.5 JUTA ANAK INDONESIA PUTUS SEKOLAH (UNICEF,2015)



  PENDAHULUAN  


Tunas Indonesia adaah yayasan yang dibentuk oleh Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Kobe yang bergerak dalam penggalangan dan penyaluran dana untuk membantu biaya pendidikan pelajar di Indonesia. Pembentukan yayasan ini dilandasi oleh kesadaran dan semangat berpikir bahwa anak bangsa yang terdidik adalah aset yang sangat berharga untuk memajukan bangsa. Namun demikian, mahalnya biaya pendidikan di Indonesia ternyata masih menjadi permasalahan bagi sebagian kalangan masyarakat.

Masyarakat Indonesia yang tinggal atau sedang menempuh pendidikan di luar negeri relatif memiliki pendapatan atau beasiswa yang mencukupi. Sebagian kecil dari pendapatan atau beasiswa yang tidak begitu berarti jika dibelanjakan di negara tempat mereka tinggal sekarang, akan memiliki manfaat yang cukup besar bila disumbangkan untuk membantu anak-anak Indonesia agar dapat terus bersekolah.

 

  SEJARAH PEMBENTUKAN  


Gempa bumi di Yogyakarta pada tanggal 27 Mei 2006 mengakibatkan banyak orang kehilangan keluarga, tempat tinggal, sumber penghasilan, dan banyak tunas bangsa terancam putus sekolah. Berawal dari rasa empati terhadap para korban, rekan-rekan dari PPI Kobe Jepang ikut berpartisipasi membantu meringankan beban masyarakat Yogyakarta paska gempa.

 

Partisipasi tersebut diwujudkan dengan pembentukan komunitas yang bergerak dalam penggalangan dan penyaluran dana untuk membantu biaya pendidikan pelajar. Dana yang terkumpul, baik dari sumbangan donatur maupun dari hasil penyelenggaraan charity event disalurkan dalam bentuk beasiswa untuk membiayai pendidikan baik formal maupun non formal. 

 

Seiring berjalannya waktu, komunitas tersebut terus bergerak memberikan beasiswa bagi pelajar kurang mampu bahkan sampai para korban gempa sembuh dari derita. Pada tanggal 25 September 2010, komunitas tersebut diresmikan dengan nama Tunas Indonesia, dengan harapan dapat terus berpartisipasi memajukan pendidikan di Indonesia, bukan hanya menjadi komunitas bantuan tanggap bencana. Di masa mendatang, kami berharap Tunas Indonesia menjadi sebuah gerakan nasional.

 VISI  


Menjadi gerakan nasional untuk membantu memajukan pendidikan di Indonesia.


 MISI 


Memberikan bantuan biaya pendidikan bagi pelajar kurang mampu di Indonesia.


 KEGIATAN  


Saat ini, TIJ melakukan penggalangan dana di daerah Kobe, Jepang dengan donatur utama pelajar-pelajar Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di Kobe, Jepang. Harapan kami TIJ dapat meluaskan cakupannya tidak hanya di wilayah Kobe tetapi di Jepang secara keseluruhan serta tidak hanya kepada pelajar Indonesia yang menempuh pendidikan tetapi juga seluruh elemen masyarakat Indonesia di Jepang.


Hasil penggalangan dana Tunas Indonesia Jepang dititikberatkan pada pemberian beasiswa bagi siswa dan siswi SMA atau sederajat karena siswa siswi SD dan SMP telah mendapatkan bantuan BOS (Biaya Operasional Sekolah).

 

Tiga ratus paket beasiswa yang digulirkan oleh Tunas Indonesia Jepang telah diberikan kepada pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat di wilayah DIY, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, dan Sumatera Barat sejak tahun 2010. Kami berharap agar jumlah paket beasiswa yang dibagikan akan terus bertambah dan jumlah pelajar yang bisa melanjutkan sekolah semakin banyak.


  

0 Comments